Definisi
Dalam pemrograman komputer, strategi pattern adalah desain pattern software tertentu, dimana algoritma dapat dipilih pada saat runtime tergantung pada kondisi, seperti strategi dalam situasi perang. Strategi pattern mendefinisikan keluarga algoritma, merangkum dan membuat dipertukarkan. Membiarkan setiap algoritma bervariasi independen dari klien yang menggunakannya, merangkum masing-masing sebagai obyek, dan membuat mereka saling dipertukarkan. Strategi pattern memungkinkan algoritma bervariasi independen dari klien yang menggunakannya. Strategi pattern digunakan untuk membuat perubahan ini tidak mempengaruhi kode lain, sehingga menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan untuk kode kita dan menyediakan fleksibilitas yang lebih besar.
Gambar
Implementasi Sederhana
Kita akan membuat interface Strategy yang mendefinisikan tindakan dan kelas strategi konkrit mengimplementasikan interface Strategi. Context adalah kelas yang menggunakan Strategi.
StrategyPatternDemo, kelas demo, akan menggunakan Konteks dan object strategi untuk menunjukkan perubahan perilaku Context berdasarkan strategi itu digunakan.
Step 1 : Membuat interface
|
Interface Strategy |
Step 2 : Membuat kelas konkrit yang mengimplementasikan interface yang sama
|
Class OperationAdd |
|
Class OperationSubstract |
|
Class OperationMultiply |
Step 3 : Membuat kelas Context
|
Class Context |
Step 4 : Menggunakan kelas Context untuk melihat perubahan perilaku dari kelas Strategy
|
Class StrategyPatternDemo |
Step 5 : Melihat hasil keluaran
|
Hasil keluaran |
Sumber Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar