Minggu, 27 November 2016

Design Patterns - Strategy Pattern

Definisi

Dalam pemrograman komputer, strategi  pattern adalah desain pattern software tertentu, dimana algoritma dapat dipilih pada saat runtime tergantung pada kondisi, seperti strategi dalam situasi perang. Strategi pattern mendefinisikan keluarga algoritma, merangkum dan membuat dipertukarkan. Membiarkan setiap algoritma bervariasi independen dari klien yang menggunakannya, merangkum masing-masing sebagai obyek, dan membuat mereka saling dipertukarkan.  Strategi  pattern memungkinkan algoritma bervariasi independen dari klien yang menggunakannya. Strategi pattern digunakan untuk membuat perubahan ini tidak mempengaruhi kode lain, sehingga menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan untuk kode kita dan menyediakan fleksibilitas yang lebih besar.

Gambar



Implementasi Sederhana

Kita akan membuat interface Strategy yang mendefinisikan tindakan dan kelas strategi konkrit mengimplementasikan interface Strategi. Context adalah kelas yang menggunakan Strategi.
StrategyPatternDemo, kelas demo, akan menggunakan Konteks dan object strategi untuk menunjukkan perubahan perilaku Context berdasarkan strategi itu digunakan.

Step 1 : Membuat interface
Interface Strategy
Step 2 : Membuat kelas konkrit yang mengimplementasikan interface yang sama
Class OperationAdd

Class OperationSubstract

Class OperationMultiply
Step 3 : Membuat kelas Context
Class Context
 Step 4 : Menggunakan kelas Context untuk melihat perubahan perilaku dari kelas Strategy
Class StrategyPatternDemo
Step 5 : Melihat hasil keluaran
Hasil keluaran


Sumber Referensi : 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar