Kamis, 08 Desember 2016

Analisis Sistem Informasi CGVBlitz

1. Diagram Konteks


Diagram konteks merupakan bagian dari DFD yang berfungsi untuk memetakan

model lingkungan, yang direpresentasikan dengan lingkaran tunggal yang
mewakili keseluruhan sistem.

Berikut ini merupakan Diagram Konteks dari Sistem Informasi CGV Blitz :

diagram konteks


2. Flowmap dan Flow Diagram Existing System


Untuk mempermudah analisis, maka digunakan alat bantu yaitu Flowmap. Flowmap adalah bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem.


Flowmap penjualan tiket pada CGV Blitz memiliki alur kerja sebagai berikut :



Flowmap


Data Flow Diagram (DFD) adalah model yang menggambarkan suatu sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data.


Data Flow Diagram penjualan tiket pada CGV Blitz memiliki alur kerja sebagai berikut :



DFD


3. Use Case


Use Case Diagram adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem secara ringkas mengenai siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang dapat dilakukan olehnya.


Use case diagram menggunakan actor dan use case. Use case adalah layanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem untuk penggunanya, sedangkan actor adalah seorang pengguna sistem atau sesuatu (perangkat atau sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Use Case Diagram tidak menjelaskan secara detail tentang penggunaan usecase, namun hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.


Berikut ini merupakan Use Case Diagram dari Sistem Informasi CGV Blitz :

Usecase



4. Gambaran Sistem, Organisasi, Visi, dan Misi


Penjelasan mengenai sistem, organisasi, visi, dan misi CGV Blitz dapat dilihat pada post sebelumnya, yaitu Sistem Informasi CGV Blitz.



5. Functional Requirement dan Non-Functional Requirement

Functional requirement

Functional requirement adalah jenis requirement yang berisi: Proses-proses yang harus dilakukan oleh sistem, Informasi-informasi yang harus ada di dalam sistemSistem dapat melakukan proses-proses sebagai berikut:
  • Pengolahan data pegawai yang ada merupakan proses penginputan, edit, dan menghapus data pegawai.
  • Pengolahan data film, proses yang dilakukan adalah proses pengolahan menambah film, jam tayang, serta tanggal tayang yang dimana dapat dilakukan dengan proses penginputan, serta menampilkan data.
  • Pengolahan data pemesanan tiket, proses yang dapat dilakukan adalah menampilkan data transaksi, menginputkan data transaksi, menyimpan data transaksi, menghapus dan mencetak hasil transaksi.
  • Proses pembuatan laporan, proses yang dapat dilakukan adalah menampilkan semua data pegawai, film, dan data transaksi.

  1. Orientasi Proses
    • Sistem dapat menginput/mengupdate data Film
    • Sistem dapat menginput/mengupdate data Karyawan
    • Sistem dapat menginput/mengupdate data Member
    • Sistem dapat menginput/mengupdate data Transaksi penjualan
  2. Orientasi Informasi
    • Sistem dapat menampilkan Laporan data Film melalui layar atau cetakan kertas
    • Sistem dapat menampilkan Laporan data Karyawan melalui layar atau cetakan kertas
    • Sistem dapat menampilkan Laporan data Member melalui layar atau cetakan kertas
    • Sistem dapat menampilkan Laporan data Transaksi penjualan melalui layar atau cetakan kertas

Nonfunctional Requirements. 

Nonfunctional requirement adalah tipe requirement yang berisi properti perilaku yang dimiliki oleh sistem, meliputi: Operasional, Performance, Keamanan, Politik dan budaya
  • Operasional
    • Sistem Operasi : Windows 7
    • Hardware : Komputer Pentium 4, RAM 1GB, Display SVGA (800×600), DVD RW, keyboard, mouse, printer laserjet
    • Jaringan : SIstem client-server, HUB, kabel jaringan
    • Bisa digunakan untuk bercode render
    • Printer digunakan untuk mencetak tiket dan laporan keuangan maupun yang lain-lain
  • Security
    • Dilengkapi password untuk login untuk sisstem aplikasinya maupun databasenya
  • Informasi
    • Memberikan informasi kesalahan login baik password ataupun username
    • Digunakan untuk melakukan pendaftaran anggota baru

Data Wawancara


Kantor CGV Blitz Surabaya


Telepon : (031) 99 44 0434


Website : https://www.cgvblitz.com/en/schedule/cinema/1800

Alamat : Jl. Ngagel no. 123, Marvell City Mall Lantai 3, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur


Tampilan CGVBlitz


List pertanyaan kepada pegawai CGV Blitz :


CGV Blitz dipimpin oleh siapa?

Apa saja nama bagian yang ada di dalam struktur organisasi CGV Blitz?
Bagaimana pembagian tugas dan wewenang masing-masing bagian?
Bagaimana pola pembagian kerja dan hubungan kerja antar personil?
Dalam pelayanan konsumen, bagaimana alur proses konsumen untuk dapat memesan tiket  di CGV Blitz?
Apa aplikasi sistem informasi yang telah dijalankan di CGV Blitz?
Apa penyebab masalah dan masalah yang harus diselesaikan oleh sistem informasi tersebut?
Apakah terdapat permasalahan dalam penggunaan sistem informasi tersebut dalam manajemen pelayanan konsumen?
Apakah sistem informasi tersebut telah dapat meningkatkan kinerja, pelayanan, ketersediaan informasi, penjualan serta keuntungan perusahaan, keamanan data, menghemat biaya operasional, dan meminimalkan pemborosan sumber daya?
Bagaimana bentuk sistem yang sebenarnya dibutuhkan oleh CGV Blitz? Serta siapa, kapan, dan apa saja yang dapat dikerjakan oleh sistem tersebut?
Share:

0 komentar:

Posting Komentar