Minggu, 02 Oktober 2016

SWOT Gramedia Bookstore

Strengths

Kekuatan Gramedia Bookstore yaitu kelengkapan produk yang tersedia, dengan menyediakan produk yang beragam dan berkualitas. Lokasi outlet Gramedia Bookstore yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia juga merupakan kekuatan yang membuat Gramedia Bookstore dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, informasi mengenai buku yang ada di Gramedia Bookstore juga mudah diperoleh karena adanya website resmi Gramedia Bookstore yang mengelola informasi tersebut.

Weaknesses

Salah satu kelemahan Gramedia Bookstore adalah harga produk yang tersedia dapat dijangkau oleh konsumen kelas menengah, namun terdapat beberapa produk yang harganya relatif lebih mahal, seperti alat tulis dan produk multimedia. Gramedia Bookstore menawarkan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga yang ditawarkan oleh toko-toko elektronik lainnya. 

Opportunities

Buku merupakan kebutuhan bagi semua orang, tidak terbatas usia sehingga dapat dikatakan permintaan terhadap buku tidak pernah menurun bahkan cenderung bertambah. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi Gramedia Bookstore untuk terus memperluas dan memperkaya usahanya.

Threats

Salah satu ancaman bagi Gramedia Bookstore adalah semakin banyaknya toko buku yang ada yang memberikan harga lebih murah dan sering memberikan diskon bagi pelanggannya. Selain itu penjualan buku melalui media internet kini juga telah marak di masyarakat. Meskipun Gramedia Bookstore juga memiliki situs online, namun keberadaan situs penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore, seperti contohnya Amazon, Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih untuk berbelanja di situs online Gramedia daripada situs lainnya, misalnya seperti prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah. Situs penjualan buku online yang telah disebutkan di atas tidak hanya menjual buku namun e-book, sedangkan untuk saat ini Gramedia Bookstore belum menyediakan produk berupa e-book. Kondisi tersebut menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar